PPDB 21/22

PPDB 21/22

PANDUAN

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

SMPK PENABUR CIREBON

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Selamat datang dan selamat bergabung dengan keluarga besar SMPK PENABUR Cirebon.

Kami mengapresiasi kepercayaan bpk/ibu/sdr selaku orang tua/wali calon siswa baru SMPK PENABUR Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022 untuk dididik di SMPK PENABUR Cirebon. Sebuah kepercayaan yang akan kami terus jaga dan kembangkan. Pendidikan anak adalah investasi masa depan, maka perlu kami yakinkan bahwa menjadikan SMPK PENABUR Cirebon sebagai pilihan dalam ‘menginvestasikan” masa depan putra/putri bpk/ibu/sdr adalah sebuah pilihan yang tepat dan bijaksana.

Jika memerlukan informasi atau keterangan lain tentang eksistensi SMPK, silahkan mengunjungi website kami di www.smpk.penaburcirebon.sch.id atau email ke smpk@penaburcirebon.sch.id. Kami akan memberikan respon segera.

 

Untuk mempermudah Proses PPDB 2021/2022, berikut kami berikan Panduan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Jadwal Kegiatan Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2021/2022

 

NO.

KEGIATAN

PELAKSANAAN

CATATAN

1

Pembelian Formulir

Mulai 1 September 2020

 

2

Pengembalian Formulir

Mulai 1 September 2020,

setelah melakukan pembayaran DP SSP

Early Bird Admission

1 September s/d 30 November 2020

Lunas pembayaran uang SSP sebelum 30 November 2020 mendapat diskon uang gedung 10% dan berhak mendapatkan Seragam Sekolah 1 stel (1 baju dan 1 Celana/Rok) serta 1 stel kaos Olah raga

Gelombang 1

1 Desember 2020 s/d 28 Februari 2021

Lunas pembayaran uang SSP sebelum 28 Februari 2021 mendapat diskon uang Gedung 5% dan berhak mendapatkan 1 stel kaos olah raga.

Gelombang 2

1 Maret s/d 30 Juni 2021

-

3

Tes PPDB Early bird

14 November 2020

Jam 08.00 s/d 10.00

Dilanjutkan pengukuran seragam

4

Pembayaran Uang Seragam, Uang Kegiatan, Uang Buku, dan SPP Bulan Juli 2021

01 s/d 05 Maret 2021

-

5

Pengambilan seragam sekolah, kaos OR, Topi, badge dll

3 s/d 7 Mei 2021

Menunjukkan bukti pembayaran uang seragam melalui Mandiri Virtual Account (MVA)


A. Tata cara Pendaftaran

1. Sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran, mohon diperhatikan beberapa hal berikut:

A.SMPK PENABUR Cirebon hanya melayani pendaftaran siswa sebagai pilihan pertama

B. Siswa yang diterima sebagai siswa SMPK PENABUR Cirebon tetapi mengundurkan diri, maka semua biaya yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.

C. Siswa yang sudah mendaftar dan dinyatakan TIDAK DITERIMA, maka uang muka akan dikembalikan 100%.

D. Isilah biodata online secara benar (sesuai Akte Kelahiran) karena data tersebut akan menjadi dasar dalam penulisan Buku Rapor dan dokumen sekolah lainnya.

2.Peserta membeli formulir pendaftaran di SMPK PENABUR Cirebon, seharga Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) di Tata Usaha sekolah.

3.Peserta akan mendapatkan berkas pendaftaran yang berisi Surat Pernyataan orang tua, Nomor MVA (Mandiri Virtuual Account)  untuk pembayaran Uang SSP, Kegiatan, Seragam, SPP Juli 2021, User ID Pendaftaran SMPK PENABUR Cirebon On Line.

4. Menggunakan User ID Pendaftaran yang telah diperoleh untuk melakukan registrasi on line dengan mengakses www.smpk.penaburcirebon.sch.iddan mengisi Format pendaftaran yang ada. Untuk mempermudah pengisian formulir, sebelum melakukan pengisian Formulir PPDB on line sebaiknya dipersiapkan dokumen:

  • Foto Copy Akte Lahir calon siswa
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto copy KTP orang tua.

5. Membayar Uang Muka (DP) SSP sebesar Rp. 3.000.000 (Tiga juta rupiah) untuk Kelas Unggulan (KU) & Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk Kelas Nasional (KN) melalui Nomor mandiri Virtual account (MVA)  yang sudah diberikan.

Cara pembayaran melalui Mandiri Virtual Account (MVA) adalah sbb:

Dari ATM Mandiri:

  1. Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri, Pilih Bahasa Indonesia masukkan PIN
  2. Masukkan Nomor PIN
  3. Pilih menu BAYAR/BELI
  4. Pilih Menu PENDIDIKAN
  5. Masukkan Kode Perusahaan (Kode Perusahaan BPK PENABUR adalah 88915)
  6. Keluar Masukkan Nomor Mandiri Virtual Account Siswa (16 digit)
  7. Muncul Konfirmasi data yang akan dibayar, Lanjutkan sesuai proses.

Catatan: tidak dikenai biaya

 

Dari ATM Bank lain (Non bank Mandiri)

  1. Masukkan Kartu ATM, pilih Bahasa indonesia, Masukkan PIN
  2. Pilih menu TRANSFER
  3. Masukkan Nilai Nominal SPP (sampai digit terakhir, harus sesuai yang ditentukan sekolah)
  4. Pilih Kode Bank tujuan (Kode Bank Mandiri adalah 008)
  5. Masukkan Nomor Mandiri Virtual Account Siswa
  6. Lanjutkan pembayaran.
  7. Transaksi diproses
  8. Lanjutkan sampai selesai

Catatan: biaya transaksi tergantung aturan bank pengirim

 

Setor Tunai ke Bank Mandiri

  1. Ambil slip setoran, isi nomor rekening dengan Nomor Mandiri Virtual Account, isi Nominal dengan Nominal yang akan dibayar ke Teller.
  2. Dikenakan Biaya Rp. 2.000 (dua ribu rupiah)

 

6. Mengembalikan formulir yang telah diisi (klik tombol submit) dan mencetak Form Registrasi on line yang sudah diisi, serta mengembalikannya ke SMPK PENABUR Cirebon dengan melampirkan:

  • Foto Copy Kartu Keluarga (1 Lembar)
  • Foto Copy Akte Kelahiran siswa (1 Lembar)
  • Foto Copy Ijasah SD (Jika belum ada maka bisa dikirimkan menyusul setelah keluarnya ijazah SD).
  • Foto Copy Slip penyetoran/bukti transfer Muka Uang Gedung (SSP)/Pembayaran uang Gedung
  • Surat pernyataan orang tua

7. Tata Usaha akan memverifikasi berkas dan jika sudah lengkap, maka akan dilakukan pencetakan Kartu Test Masuk SMPK PENABUR Cirebon.

8. Siswa mengikuti Ujian Saringan Masuk yang dilakukan tanggal 14 November 2020 di SMPK Cirebon, Pk. 08.00 s/d 10.00. Ujian saringan masuk ini lebih bersifat pemetaan untuk mengetahui kemampuan dasar siswa. Perlengkapan yang harus dibawa pada saat Ujian Saringan Masuk adalah Alat tulis dan kartu tes. Siswa hadir dengan berpakaian sopan dan rapi dan harus bersepatu. Ujian Saringan Masuk terdiri dari:

Test Kemampuan dasar Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA yang terdiri dari masing – masing 20 soal pilihan ganda dan angket gaya belajar siswa sebanyak 20 soal. Lama waktu mengerjakan adalah 120 menit.

9. Setelah pelaksanaan Ujian Saringan Masuk, akan dilakukan pengukuran seragam sekolah.

10. Pengumuman hasil USM secara on line, akan dilakukan tanggal 18 November 2020 di www.smpk.penaburcirebon.sch.id. Data bisa diakses mulai jam 11.00 WIB.

11. Pembayaran Uang Kegiatan, Uang Seragam, Uang Buku dan Uang SPP Juli 2021 dilaksanakan 1 s/d 5 Maret 2021 dengan membayar melalui MANDIRI VIRTUAL ACCOUNT (MVA).

12. Pengambilan seragam sekolah/seragam Olah Raga dilakukan tanggal 3 s/d 7 Mei 2021, dengan menunjukkan bukti pembayaran uang seragam melalui mandiri Virtual Account (MVA).

13. Semua siswa wajib mengikuti kegiatan orientasi siswa baru tanggal 8 s/d 10 Juli 2021. Informasi tentang kegiatan ini akan disampaikan kemudian.

Beban Keuangan:

Berikut ini kami sampaikan beban keuangan Calon Siswa SMPK PENABUR Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2021 :

 

NO

JENIS BIAYA

NOMINAL

Keterangan

1

Pembelian Formulir Pendaftaran

Rp. 100.000,-

 

2

Uang Gedung (SSP) Kelas Unggulan (KU)

Kelas Nasional (KN)

Rp. 11.500.000,-

 

Rp. 8.000.000,-

Dibayar sekali selama sekolah

3

Uang Sekolah (SPP) :

Kelas Unggulan (KU)

Kelas Nasional (KN)

 

Rp. 1.150.000,-

Rp. 787.000,-

Tiap bulan. Bisa dibayar 1 tahun sekaligus di awal Tahun Pelajaran

4

Uang Kegiatan 1 tahun

Rp. 780.000,-

Dibayar 1 kali dalam 1 tahun

5

Uang Seragam Sekolah

Sesuai Pembelian

Daftar harga seragam bisa dilihat di Tata Usaha Sekolah

* Perkiraan

C.    Discount Pembayaran untuk pendaftaran awal (syarat dan ketentuan berlaku).

  1. Pendaftar yang melakukan Pelunasan SSP sampai dengan tanggal 30 November 2020, maka akan memperoleh potongan 10% dari Nominal Uang Gedung (SSP) standar.
  2. Pendaftar yang melakukan Pelunasan SSP sampai dengan tanggal 28 Februari 2021, maka akan memperoleh potongan 5% dari Nominal Uang Gedung (SSP) standar.

 D.    Pembayaran SPP

  1. Pembayaran uang sekolah (SPP) di SMPK PENABUR Cirebon adalah 13 kali.
  2. Pembayaran 1 tahun sebelum 31 Juli 2021 akan memperoleh potongan 1 bulan, sehingga hanya perlu membayar 12 kali.
  3. Pembayaran SPP 1 tahun dilakukan dengan cara membayar melalui MVA (Mandiri Virtual Account) yang akan diberikan.
  4. Pembayaran SPP siswa dilakukan melalui MVA (Mandiri Virtual Account), sehingga siswa/orang tua tidak perlu melakukan pembukaan rekening bank.

 E.    FasilitasPembayaran

  1. Nikmati kemudahan pembayaran semua biaya sekolah di SMPK PENABUR Cirebon dengan menggunakan Fasilitas Kartu Kredit Bank Mandiri dengan bunga menarik, sesuai ketentuan Bank Penerbit Kartu kredit.

 F.    PENGHARGAAN

  1. Penghargaan Olah Raga diberikan setelah seorang siswa memperoleh prestasi Olah Raga di SMPK PENABUR Cirebon minimal Juara 1, 2, 3 tingkat Kota berupa bonus prestasi.
  2. Siswa yang masuk melalui jalur prestasi, wajib mengembangkan prestasinya dengan mengikuti kegiatan science club.
  3. Penghargaan diberikan bagi siswa berprestasi berupa keringanan uang gedung dengan menggunakan norma sbb:

Penghargaan untuk siswa berprestasi *)

No.

Keterangan

Potongan

SSP

Bukti Fisik

1.

Menjadi Peserta OSN Tingkat Nasional dan /atau Peraih Medali dalam Olimpiade Sains Nasional SD, FLSN, O2SN

100 %

Sertifikat

2.

Utusan Kota  dalam Olimpiade Sains Nasional, FLSN, O2SN Tingkat Propinsi

75 %

Sertifikat

3.

Utusan Kecamatan/Gugus dalam Olimpiade Sains, FLSN, O2SN Tingkat Kota

50 %

Sertifikat

 

 

 

 

1.

Juara   1    Nilai Ijazah (lulusan ) SD

100 %

Sertifikat

2.

Juara   2    Nilai Ijazah (lulusan ) SD

75 %

Sertifikat

3.

Juara   3    Nilai Ijazah (lulusan ) SD

50 %

Sertifikat

 

 

 

 

1.

Meraih medali dalam POPKOTA

75 %

Sertifikat

2.

Meraih 7 Penghargaan sebagai Juara 1,2,3 dalam Lomba Non Akademik, atau 4 Penghargaan sebagai juara 1,2,3 dalam Lomba Akademik.

50 %

Sertifikat

 

Catatan *) :

  1. Syarat dan ketentuan berlaku.
  2. Prestasi tidak bisa di akumulasi.
  3. Tidak bisa ditukar dengan uang.
  4. Pemberian penghargaan untuk siswa yang berprestasi menggunakan system reimburse. (orang tua membayar terlebih dahulu semua biaya, kemudian akan dikembalikan sesuai perhitungan)

G.    TINDAK LANJUT

Jika anda masih memerlukan informasi atau konsultasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui email smpk@penaburcirebon.sch.id atau Telp (0231) 300 6000

 

                                                                                               

Cirebon, 1 September 2020

                                                                                               Tim PPDB SMPK PENABUR Cirebon